Demam Sosial Network!

“Jejaring social atau Social Network adalah suatu struktur social yang dibentuk dari simpul-simpul yang diikat dengan 1 atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,visi,ide,teman,keturunan,dll” (wikipedia)

Social Network atau Jejaring Sosial telah menjadi suatu trend masa kini yang diminati dan diprioritaskan semua orang. Tidak hanya di kalangan remaja saja tapi juga meraja lela di kalangan orang tua atau dewasa. Contoh dari Social Network yang paling popular diantara nya :

1. Facebook

Facebook dibuat oleh seorang mahasiswa Universitas Harvard. Ia bernama Mark Elliot Zuckerberg yang lahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984. Ada kabar yang menyatakan bahwa alas an Mark dikarenakan patah hati. Mark putus dengan kekasihnya pada tahun 2003. Ketika itu Mark mabuk dan menulis blog tentang kekasihnya tersebut. Mark terinspirasi membuat website untuk membandingkan tingkat daya tarik wanita-wanita di Universitas Harvard.

Pengguna dari Facebook saat ini pun diperkirakan telah mencapai 540 jutaan. Bahkan pengaksesannya pun mencapai angka tertinggi diantara social network lainnya. Dalam sebulan ada 750 miliaran laman Facebook bolak balik di akses oleh pengguna nya. Indonesia sekarang telah menjadi Negara kedua sebagai pengakses Facebook terbesar didunia setelah Amerika Serikat.

2. Twitter

Twitter dibuat oleh suatu perusahaan yang serupa namanya yaitu Twitter,Inc. situs ini menawarkan jaringan social berupa mikroblog sehingga pengguna dapat mengirim dan membaca pesannya yang dikenal dengan sebutan tweets.

Pengguna dari Twitter saat ini diperkirakan ada 224 juta meski dari pihak Twitter,inc tidak menyatakan secara resmi. Indonesia sendiri berada di posisi 6 setelah Jepang sebagai pengguna terbanyak di dunia. Amerika lagi-lagi menjadi Negara yang paling mendominasi penggunaan trebanyak dari twitter.

Segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia selalu memiliki dampak yang berpengaruh dalam kehidupan. Sama halnya dengan Social Network,jejaring social ini tentu memiliki dampak entah dampak negative maupun dampak positif.

  1. Memiliki teman baru dari segala penjuru dunia tanpa harus bertatap langsung ataupun mendatangi kediamannya di Negara lain.
  2. Bisa menjadi lahan untuk berbisnis. Misalnya saja bisa mempromosikan penjualan barang atau jasa, singkatnya bisa terjadi e-commerce.
  3. Bisa menjadi suatu forum atau tempat diskusi untuk membahas  sesuatu tanpa harus mengatur jadwal pertemuan dan menyediakan tempat atau harus bertatap muka langsung.

1.       Bisa terjadi salah penggunaan foto profil (profile picture) yang tersedia pada Facebook dan Twitter. Sehingga ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menjadikan foto profil orang lain digunakan untuk hal-hal yang tidak menyenangkan dan merugikan bagi pemilik foto profil tersebut.

2.       Pembohongan identitas seseorang. Seseorang dapat mengaku siapa saja dengan identitas yang tidak pasti. Hal tersebut dapat berakibat fatal, misalnya terjadi penipuan dalam suatu transaksi pembelian dikarenakan ketidakjelasan identitas penjual.

Sarana teknologi informasi telah tersebar bebas dan mudah bagi penggunanya. Mereka menawarkan hal tersebut dengan harapan dapat memberikan keefisienan untuk penggunanya. Teknologi informasi bertujuan untuk memberikan atau membagi informasi melalui perangkat tertentu. Facebook dan twitter merupakan suatu bentuk teknologi informasi kategori jejaring social yang sengaja dibuat dengan harapan yang positif. Sebagai pengguna, sudah selayaknya menggunakan jejaring social dengan sebaik-baiknya dan mempunyai batasan tertentu dalam penggunaannya. Sehingga dapat meminimalisir tindakan-tindakan yang berdampak buruk bagi penggunan sendiri atau orang lain.